Saat ini, semua Wajib Pajak PKP (Pengusaha Kena Pajak) sudah menggunakan aplikasi e-Faktur 4.0.
Namun, setelah beberapa hari penggunaan e-Faktur 4.0, banyak Wajib Pajak yang mengalami beberapa kendala. Mulai dari gagal download file PDF faktur pajak hingga muncul error code saat menggunakan aplikasi.
Jika Anda juga mengalami kendala yang sama saat menggunakan aplikasi e-Faktur 4.0, simak beberapa solusi berikut ini.
Baca juga: Wajib Pajak, e-Faktur Versi 4.0 Sudah Resmi Rilis!
1. Gagal download PDF faktur pajak
Kendala pertama yang dialami oleh banyak Wajib Pajak PKP adalah tidak dapat men-download file PDF faktur pajak dari aplikasi e-Faktur 4.0.
Masalah ini dapat terjadi jika Anda mengunduh faktur pajak dalam jumlah banyak secara sekaligus.
Bila Anda juga mengalami hal yang sama, Anda dapat atasi dengan cara meng-update patch e-Faktur 4.0. Berikut tahapan yang bisa Anda ikuti:
- Download file patch e-Faktur 4.0 di sini, pastikan pilih yang sesuai dengan sistem operasi perangkat Anda
- Buka file patch di folder download, lalu extract hingga muncul file ETaxInvoiceMain.exe
- Copy file tersebut dan paste pada folder e-Faktur 4.0 yang sudah Anda install sebelumnya
Sekarang, Anda bisa coba gunakan aplikasi e-Faktur 4.0 kembali dan download banyak file PDF faktur pajak dengan sekali klik.
2. Kendala error ETAX-10001 di e-Faktur versi 4.0
Bila muncul kode error ETAX-10001 pada aplikasi e-Faktur 4.0, maka ada beberapa kemungkinan yang terjadi, yaitu:
- Anda mengklik file ETaxInvoice pada folder e-Faktur 4.0 lebih dari 1 kali
- Folder database ada yang hilang atau corrupt
- Versi aplikasi yang digunakan berbeda dengan versi database
- PC server Anda mati atau belum memulai database sebagai server
Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat ikuti tahapan berikut ini:
- Tutup aplikasi e-Faktur yang sedang Anda jalankan
- Jalankan kembali file ETaxInvoice dengan 1 kali klik, tunggu hingga aplikasi terbuka
- Pastikan di dalam folder database dan file ETaxInvoice sudah ada folder log, segO, dan tmp
- Pastikan pula di dalam kedua folder tersebut sudah ada file db.lck, REAME_DO_NOT_TOUCH_FILE, dan service.properties
- Jalankan kembali aplikasi, pastikan sudah terhubung dengan koneksi internet yang stabil agar db aplikasi bisa ter-update secara otomatis
- Sebelumnya, pastikan di dalam folder db sudah terdapat folder ETaxInvoice
- Jika Anda menggunakan konfigurasi network db, pastikan PC server Anda hidup dan aplikasi e-Faktur 4.0 sedang berjalan
Bila cara di atas tidak berhasil, Anda bisa coba melakukan start database sebagai server melalui menu Administrasi DB.
Baca juga: Anti Gagal! Ikuti Cara Ini Jika Sering Gagal Upload e-Faktur
3. Kendala error ETAX-40005 di e-Faktur versi 4.0
Ketika melakukan registrasi, beberapa pengguna mengalami kendala berupa error ETAX-40005 pada aplikasi e-Faktur.
Error tersebut terjadi karena Anda melakukan kesalahan saat proses registrasi database. Kemungkinan ada kesalahan saat memasukkan kode aktivasi, passphrase sertifikat elektronik, password, atau captcha.
Untuk masalah ini, Anda bisa atasi dengan memastikan jika data-data yang dimasukkan sudah tepat dan sesuai.
Jika sebelumnya Anda sudah me-reset aplikasi client, coba gunakan kode aktivasi yang baru pada e-Nofa. Namun, Anda harus menggunakan database yang baru.
Agar data tidak hilang, Anda bisa restore data dengan skema ekspor-impor database dari file lama. Anda juga bisa meminta data faktur pajak keluaran ke KPP terdaftar.
Selain itu, masalah tersebut juga dapat muncul akibat status e-Faktur versi desktop yang sudah aktif. Bila seperti ini, maka Anda tidak perlu registrasi ulang saat meng-update ke e-Faktur 4.0.
Sekian beberapa kendala dalam aplikasi e-Faktur 4.0 beserta solusi yang bisa Anda coba secara mandiri.
Bila Anda kesulitan dalam mengurus perpajakan usaha, tidak perlu khawatir karena ada tim Bisa Pajak yang siap membantu. Hubungi kami dan Anda tinggal terima beres!
Pastikan pula untuk selalu update dengan informasi terbaru seputar dunia perpajakan di Indonesia melalui berbagai media sosial kami!